Thursday, May 26, 2016

Kota - Kota Yang Sering Dianggap Ibukota Negara

Montesky - Mungkin Anda masih mengira bahwa Ibukota Malaysia adalah Kuala Lumpur? Bila anda masih beranggapan seperti itu, anda wajib mebaca artikel ini. Karena Ibukota Malaysia sekarang bukanlah Kuala Lumpur.

Selain Malaysia, terdapat beberapa kota dari suatu negara yang sering dianggap sebagai Ibukotanya. Padahal pernyataan itu jelas-jelas salah, karena kota tersebut biasanya hanya sebagai kota terbesar di negara tersebut atau bisa juga negara tersebut baru saja memindahkan Ibukotanya.

Untuk lebih jelasnya, berikut 11 Kota yang sering dianggap sebagai Ibukota suatu Negara:

1. Ibu Kota Malaysia adalah Kuala Lumpur?

kota yang dianggap sebagai ibukota suatu negara
Selama ini yang kita tahu bahwa Ibukota Malaysia adalah Kuala Lumpur! Ternyata eh ternyata,, sejak tahun 1999, pusat administrasi negara Malaysia pindah ke PUTRAJAYA, yang terletak 25 km di selatan Kuala Lumpur. Kuala Lumpur adalah kota bercokolnya raja dan parlemen. Sementara, sang Perdana Menteri justru berkantor kerja di Putrajaya.

2. Ibu Kota Myanmar adalah Yangon?

kota yang dianggap sebagai ibukota suatu negara
Masih dari Asia Tenggara, mungkin kita juga sering menganggap bahwa Ibukota Myanmar adalah Yangon (Rangoon). Tapi pada kenyataanya negara tersebut telah memindahkan Ibukotanya pada Maret 2006. Pemerintahan militer Myanmar memindahkan ibukota negara tersebut dari Yangon ke Naypyidaw, 320 km arah utara dari Yangon.
Yangon sendiri adalah kota terbesar di Myanmar dengan populasi lebih dari lima juta jiwa. Yangon juga adalah kota bisnis terpenting di negara tersebut.
Pada 2013 kota ini menjadi tuan rumah ajang SEA GAMES. Event yang sekaligus mengenalkan NAYPYIDAW kepada dunia sebagai ibukota baru negara Myanmar.

3. Ibu Kota Vietnam, Ho chi minh city / Hanoi?

kota yang dianggap sebagai ibukota suatu negara
Untuk negara yang satu ini juga banyak yang keliru, pasalnya ada yang menyebutkan “Ho chi minh city” dan ada juga yang bilang “Hanoi”!
Ibukota Vietnam adalah HANOI (dahulu berfungsi sebagai ibukota Vietnam Utara), sedangkan kota terbesar dan terpadat adalah Kota Ho Chi Minh (dahulu dikenal sebagai Saigon), provinsi (dalam Bahasa Vietnam di sebut tỉnh) dan 5 kotamadya yang di kontrol langsung oleh pemerintah pusat dan memiliki level yang sama dengan provinsi (thành phố trực thuộc trung ương).

4. Ibu Kota India?

kota yang dianggap sebagai ibukota suatu negara
Bagi yang suka nonton film Bollywood pasti sering mendengar kota “MUMBAI”, terdengar seperti pusat kota yang membuat kita berpikir itu adalah ibu kotanya.
Namun Ibu kota Negara India adalah “NEW DELHI” yang bahkan jarang terdengar di film-film Bollywood sendiri.

5. Ibu Kota Australia, Sydney/ Melbourne / Canberra?

kota yang dianggap sebagai ibukota suatu negara
Pada abad ke-19, Sydney dan Melbourne merupakan 2 kota terbesar di Australia yang bersaing untuk menjadi ibu kota negara dan masing-masing tidak saling mengakui. Sebagai bentuk kompromi, maka Australia akhirnya memutuskan untuk mengambil jalan tengah dengan membangun ibu kota negara baru dari kota lain.
Setelah pencarian dan survei, didapatkan lokasi negara bagian New South Wales, yaitu Canberra. Hingga kemudian Australia meresmikan CANBERRA sebagai ibu kota pada tahun 1927.
Canberra terletak di tengah-tengah Sydney dan Melbourne, dan bukan kota pantai.

6. Ibu Kota Kanada?

kota yang dianggap sebagai ibukota suatu negara
Berpindah ke Amerika Utara. Toronto populer sebagai ibukota negara Kanada. Ya, Toronto memang kota terpopuler di Kanada. Ibukota provinsial Ontario, dan pusat dari Greater Toronto Area, area metropolitan paling terkenal di Kanada.
Padahal, ibukota sesungguhnya negara Kanada adalah OTTAWA, tetangga Toronto di provinsi yang sama. Ottawa adalah kota dengan standar hidup tertinggi dan tingkat pengangguran terendah di Kanada. Pada 2015, dalam daftar kota dengan kehidupan terbaik di dunia, Ottawa berada di urutan kedua setelah Canberra, Australia.

7. Ibu Kota Brazil adalah Rio de Janeiro?

kota yang dianggap sebagai ibukota suatu negara
Awalnya, ibu kota Brasil adalah Rio de Janeiro dari 1763-1960. Karena kota ini sangat padat, maka ibu kota dipindahkan ke BRASILIA pada tahun 1961. Perpindahan ini sudah dipikirkan dan direncanakan beberapa dekade sebelumnya. Perpindahan ibu kota ini sudah diamanatkan dalam Konstitusi Republik yang pertama pada tahun 1891.
Brasilia dibangun dari tahun 1956 sampai 1960, dalam waktu 41 bulan. Pemerintahan kota ditunjuk dan dibentuk oleh Pemerintah Pusat, peraturan dan undang-undang dirancang DPR Brasil.
Proses perpindahan ibu kota ini berjalan sukses dan membuat negara lain terinspirasi untuk mengikuti jejak Brasil.

8. Ibu Kota Turki, Istanbul/Ankara?

kota yang dianggap sebagai ibukota suatu negara
Bayak yang mengira bahwa ibukota Turki adalah Istanbul, tapi yang benar adalah ANKARA. Namun kota terpenting dan terbesar adalah Istanbul. Disebabkan oleh lokasinya yang strategis di persilangan dua benua, budaya Turki merupakan campuran budaya Timur dan Barat yang unik yang sering diperkenalkan sebagai jembatan antara dua buah peradaban. Dengan adanya kawasan yang kuat dari Adriatik ke Tiongkok dalam jalur tanah di antara Rusia dan India, Turki telah memperoleh kepentingan strategis yang semakin tumbuh.

9. Ibu Kota Swiss, Bern/Zurich?

kota yang dianggap sebagai ibukota suatu negara
Pasti ada yang menganggap Ibukota Swiss itu Zurich? padahal Ibukota negara ini adalah BERN. Kota-kota penting lainnya adalah Zurich, kota terbesar di Swiss (yang dinobatkan sebagai kota yang memiliki kualitas hidup terbaik di dunia pada tahun 2006 dan 2007.), dan Jenewa, yang menjadi lokasi berbagai badan internasional seperti PBB, WHO, ILO, danUNHCR.

10. Ibu Kota Afrika Selatan>

kota yang dianggap sebagai ibukota suatu negara
Nah ketika ditanya, “Apa ibukota Afrika Selatan?”, banyak orang yang menjawab dengan yakin: “Johannesburg”. Ya, Johannesburg adalah kota terbesar dan berpenduduk terbanyak di Afrika Selatan. Dan kota ini adalah sebuah ibukota untuk Provinsi Gauteng. Bukan ibukota Afrika Selatan.
Nah, ibukota Afrika Selatan sendiri adalah PRETORIA. Pretoria adalah salah satu dari tiga capital city di Afrika Selatan, bersama Cape Town dan Bloemfontein. Pretoria adalah ibukota pemerintahan, Cape Town sebagai ibukota legislatif, dan Bloemfontein merupakan ibukota yudisial.
Popularitas Johannesburg mengalahkan ibukota Afrika Selatan yang sebenarnya. Final Piala Dunia 2010 saja digelar di Johannesburg, bukan di Pretoria, seperti layaknya laga final yang dipertandingkan di ibukota negara tuan rumah. Wajar jika banyak orang menganggap Johannesburg sebagai ibukota Afrika Selatan.

Sumber: Pidipedia.com

1 comment: